Rezeki adalah hal yang sangat Ajaib

At-Tanukhi dalam buku nya Al-faraj ba’dasy syiddah, menuliskan cerita yg sesuai dengan bahasan kita kali ini. Ada seseorang lelaki yg sedang bingung dan buntu pikiran nya. Seolah-olah semua pintu rezeki tertutup bagi nya. bahkan sauatu hari dia dan keluarga nya tidak makan karena tidak apa-apa di rumah nya. kata nya : “pada hari pertama saya dan keluarga saya kelaparan, pada hari kedua juga sama, tatkala matahari hampir tenggelam isteri saya berkata pada saya : “Pergilah kamu, pergi dan carilah rezeki buat kami, kami hampir mati !”. Sayapun teringat kepada seorang wanita kerabat dekat saya, saya ceritakan perihal yg sedang kami alami. wanita itu berkata : “Tapi di rumah tidak ada apa-apa selain ikan yg telah busuk ini”. Kata saya : “Berikan itu kepada kami sebab kami hampir mati kelaparan”.

Ikan itu saya bawa, dan membelah perut nya. ternayata di dalam perut ikan itu terdapat mutiara. mutiara itu saya jual seharga seribu dinar, hal itu kemudian, saya beritahukan kepada wanita kerabat saya tadi. kata dia : “Saya tidak akan mengambil apa-apa kecuali bagian saya”. setelah itu saya menjadi kaya. rumah saya lengkap dengan perabotan, kehidupan ku mulai membaik, dan jalan rezeki ku  menjadi semakin lapang. ini semua adalah kebaikan Allah, bukan karena hal lain.

Firman nya :
“Dan, apa saja nikmat yg ada pada kamu, maka dari Allah-lah (datang) nya”. (Qs. An-nahl : 52)

