Hubungan Islam dan Kristen

Agama Islam memuliakan Nabi Isa bin Maryam dan menolak segala macam tuduhan keji yg menghina Maryam, ibu Nabi Isa.

Islam menyambut para ahlul kitab dari kaum Nasrani dengan hormat, penuh toleran, aman dan damai. kedua nya termasuk agama samawi (langit), yaitu bertemu nya ajaran dari langit kepada umat yg di bumi.

Ketika agama Islam pertama lahir, di sekitar nya terdapat dua kekuatan raksasa, kekuatan barat dengan kerajaan Romawi yg kristen dan kekuatan timur dengan kerajaan persia yg majusi kafir (penyembah dan pemuja api serta berhala).

Rasullulah lebih simpati kepada Romawi. hati nya lebih dekat kepada kristen, karena mereka Ahlul kitab ketimbang persia yg majusi.

Pernah terjadi perang dahsyat antara Romawi dan Persia. Romawi kalah. Rasullulah dan segenap umat islam sedih dan berduka cita. Kaum nasrani tetap tidak mengakui Muhammad SAW sebagai nabi dan Rasul. Tetapi Rasullulah SAW tetap sayang pada mereka, sebab mereka beriman kepada Allah. disini beda nya dengan Majusi yg menolak untuk mengakui Tuhan Allah. Fanatisme dan simpati Rasullulah SAW, semata-mata karena Allah saja. sesuai Firman-Nya :

“Alif laam miim. telah di kalahkan bangsa Romawi. di negeri terdekat, dan mereka sesudah di kalahkan itu akan menang. dalam beberapa tahun lagi. bagi Allah lah sebelum dan sesudah (mereka menang) itu bergembira lah orang-orang yg beriman. Karena pertolongan Allah. Dia menolong siapa yg di kehendaki-Nya. dan Dia lah yg Maha Perkasa lagi Maha Penyayang.” (Qs. Ar-rum : 1-5).

Advertisements