Apa arti Hakiki dari Bertawakal ?

Orang yg beriman mempunyai hati dan organ tubuh nya yg apabila organ-organ tubuh nya lelah, maka hati nya bertawakal. Allah menghendaki dengan ciptaan nya agar seluruh organ tubuh nya bekerja sedang hati nya bertawakal kepada Allah SWT. apabila ada yg berpendapat, bahwa tawakal itu ialah berdiam diri, bertopang dagu, meninggalkan kerja dan kemudian Allah yg memberi Rezeqi, orang itu adalah pembohong tawakal.

Berbeda tawakal nya burung dengan tawakal nya manusia. burung terbang dan kembali ke sarang anak nya dengan membawa makanan, burung tidak di haruskan mengolah tanah atau bercocok tanam. burung mendapat rezeqi hanya berupa kebutuhan makanan nya saja. Lalu terbang kembali ke sarang nya.

Kepada orang yg bermacam ragam pendapat nya tentang keyakinan dan taqwa. lalu menjadikan tawakal sebagai ganti kerja, upaya dan usaha, maka kita persilahkan menghadapi hidangan makanan di hadapan nya. Apakah dengan bertawakal (menurut paham nya) makanan itu melompat sendiri masuk ke mulut nya tanpa harus mengulurkan tangan untuk mengambil nya ?

Advertisements